Tips Diet Sehat dengan Berolahraga

Hay, kembali lagi dengan saya Cristine Julvia.

Akhir - akhir tahun 2015 dan menjelang tahun 2016, saya merasakan bahwa bobot berat badan saya mungkin naik. Mungkin saya stress atau senang. But di tahun 2016 tepatnya bulan Febuari saya merasa ada yang perlu untuk dirubah, karena hidup saya bisa jadi tidak sehat. 


Saya memang sering jalan kaki, tapi jarang sekali berolahraga dan jarang menjaga pola makan tidak teratur. Semenjak itu saya berfikir saya harus berubah. Ditambah dengan rasa takut saya akan penyakit yang sering bermunculan di dunia ini. 


Yang membuka mata saya adalah pada saat saya membaca sebuah blog dari Malay yang sangat recommended banget yaitu http://bumiyangtercinta.blogspot.co.id/. Di situ membuka mata saya pas saya membaca artikel tentang makanan yang ada di dunia. Maaf bukan menjatuhkan nama brand - brand besar di dunia. Tetapi untuk makanan Fast Food mungkin kita harus menguranginya. Kandungan dari makanan itu tidak pernah diteliti dan banyak mungkin yang memakannya secara tidak sadar terserang penyakit dan obesitas. 


Dulu saya sering banget yang namanya makan Pizza H** dan minuman yang selalu dipesan adalah soda. Walaupun saya suka minum susu Coklat (Ovaltine) tetapi ada saja penghalang memilih minum susu daripada soda, coba kalian sadari sendiri. Minuman soda ditawarkan lebih murah dibanding dengan susu dan air putih. Sehingga cenderung konsumen lebih memilih soda (juga bisa karena soda memiliki warna dan rasa manis yang lebih menyegarkan).


Berikut dibawah ada tips - tips untuk anda dalam memilih makanan dan menyadari kesehatan itu PENTING!!!!!



Tips Memilih Makanan dan Minuman :

1. Jauhi Fast Food 

    (KF*, MC*, Pizza H**, Burger K**G, A%W, DOMIN*)
(Alasan : 1. Produk tersebut memang banyak diminati tetapi itu produk dari luar dan kita tidak tahu menahu proses pembuatannya, 2. Perhatikan dari segi harga, Kalau pembaca cerdas tidak akan terpengaruh oleh promosi - promosi yang mereka lakukan. Makanan SEHAT pasti mahal, 3. Perusahaan tersebut memiliki kepemilikan yang mungkin mempunyai pengaruh keuangan dunia dan kepemilikan saham dari dunia)

2. Pilih Minuman Sehat.

    Cobalah memilih minuman yang menyehatkan badan seperti air putih. Jika tidak suka dengan air putih coba dengan teh (Jauhi produk LIPT*N), minum kopi (tidak terlalu sering dan ketagihan, Jauhi produk STARB*CKs), kalau suka yang manis cobalah untuk membuat jus di rumah dengan buah buahan segar(Jauhi produk buah segar import dari negara Adikuasa, berfikirlah bijak buah mereka bahkan jauh lebih murah dari yang lokal dan lama membusuk, Please Think SMART)

3. Sering - sering Makan Sayur dan buah.

    Makanlah sayur sesering mungkin, kalau bisa sayur organik dan jangan sayur import. Sayur di Indonesia banyak, ngapain beli import? Please sadari negara kita ini lebih subur dari negara lain. Makanlah buah -buahan segar dari Indonesia seperti : apel malang, pisang, manggis,srikaya, anggur, dan jeruk(Note : Jangan terlalu banyak makan pepaya ya guys. Walau pepaya dapat memperlancar buang air besar. mengonsumsi tiap hari akan membuat kulit anda kuning) 


Tips Diet Sehat dengan Berolahraga tanpa sakit :

Kalian Sister dan mau DIET? Atau kalian Brother mau DIET. Jangan menggunakan cara cepat seperti minum PIL, atau tidak makan sama sekali. Cobalah cara yang saya gunakan. 


1. Porsi makan nasi anda banyak. Itu kesalahan terbesar. Karena didalam nasi terdiri atas karbohidrat dan nasi manis membuat perut anda cepat lapar. Cobalah untuk mengurangi porsi makan nasi anda. Jangan melakukannya terlalu ekstream sampai tidak makan nasi juga. Santai aja Sis/Bro. Makanlah nasi sekepal tangan dan sekali - kali ganti nasi menjadi Singkong atau Kentang.



2. Makanlah lebih banyak Lauk Pauk. Jika nasi yang anda makan porsinya sedikit (pasti kepikiran. Mana kenyang?) jika seperti itu maka anda salah besar. Anda harus memperbanyak Lauk Pauk anda agar kenyang. Lauk Pauk yang  baik ialah Sayuran, daging ayam, daging sapi(jangan terlalu banyak Bro/Sis),telur, tahu dan tempe, seafood(inget jangan banyak2).


3. Jauhi makanan JUNK FOOD ANDA SEKARANG dan SEGERA!!

(KF*, MC*, Pizza H**, Burger K**G, A%W, DOMIN*). Mungkin nga bisa nih seekstream itu. Pikirkanlah kesehatan anda dan kantong ekonomi anda mungkin bisa membantu, kalau bisa hilangkan. Kalau tidak bisa mencobalah Sebulan sekali mengkonsumsi itu.

4. Berolah raga GRATIS. Saya share aja videonya silahkan ditonton. tidak perlu mahal pergi ke GYM. Cukup lakukan ini sehari sekali agar anda sehat selalu. https://www.youtube.com/watch?v=wMCECzexH5k&nohtml5=False


5. Jangan Stres dan selalu relax. Banyak tersenyum. Jangan terlalu banyak ngemil dan makan - makanan manis. Anggap saja diri anda sendiri sudah manis. Hindari Keju.(sekali-kali tidak apa2)


6. Sering - seringlah berjalan kaki dan berlari pagi minimal seminggu sekali. Matahari akan membantu anda sehat pada pagi hari.


7. Jangan sering minum minuman soda semua MERK karena itu menggangu kesehatan anda. Ingatlah minuman itu murah dan merusak anda dengan segala tipu daya promosi mereka. Dan please jangan minum BEER(BIR) terlalu banyak (membuat buncit). Sebaiknya minumlah air putih, minum jus, dan minum susu (jangan kebanyakan) setelah berolahraga dan beraktifitas padat.


8. Hindarkan diri anda dari rokok, dan pakai masker tiap berpergian menggunakan kendaraan umum seperti saya. Kalau naik mobil pribadi tidak usa.


9. Rajin - rajin berdoa dan beribadah kepada Tuhan. Agar terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Perbuat dan Imani, Percayalah Tuhan akan menjaga anda.


Tetaplah di sini bersama Cristine. Tuhan memberkati kita semua. Semoga Artikel ini bisa menjadi INSPIRATIF bagi pembaca.

Please comment dan tambahkan masukan.



                                                                                         


Sebelum


Sesudah
Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

WHV (Working Holiday Visa) Bekerja dan Berlibur ke Australia

WORKING HOLIDAY LIFE PART3 (KEHIDUPAN BERLIBUR DAN BEKERJA PART 3)

Working Holiday Life in Australia. (Kehidupan Bekerja dan Berlibur di Australia)